Sifat Anak adalah Sifat Orangtua

June 10, 2014 at 3:02 am Leave a comment

Sifat dan perilaku anak adalah sifat dan perilaku orangtua. Ini pendapat saya. Mengapa sifat dan perilaku anak bisa sama/hampir sama seperti orangtuanya?

Satu hal yang saya amati dan perhatikan anak saya yang sekarang berusia 1 tahun 7 bulan, sudah cukup banyak sifat dan perilaku yang ditunjukkannya. Misalnya, dalam hal meminta sesuatu yang harus dipenuhinya. Contohnya, ia minta saya menghidupkan laptop, sambil menunjuk ke arah di mana laptop berada. Ia tahu tempat laptop yang sering dilihat sambil saya pangku di paha saya.


Kalau saya tolak permintaanya, wah langsung ngamuk dan sambil menangis. Jadi, kalau kita menolak keinginannya ya begitu.

Saya pikir sifat seperti ini wajar. Kebanyakan anak seusia anak saya, memang kalau keinginannya ditolak bisa jadi mengamuk dan mengangis. Betul tidak?

Dulu sewaktu saya masih kecil pun pasti juga begitu. Yang penting, menurut saya adalah selalu memberikan pengertian kepada anak supaya tidak/jangan mengamuk kalau permintaanya tidak dituruti. Katakan dengan dengan lembut dan rasa kasih sayang kepada anak agar bersabar kalau permintaanya belum/tidak dipenuhi.

Memang tidak mudah memberikan pengertian kepada anak yang masih balita. Tapi, sebagai orangtua tidak boleh menyerah. Tujuan jangka panjangnya sangat berharga. Anak akan menjadi pribadi yang sabar dan pengertian terhadap keadaan yang tidak sesuai dengan keinginannya.

Entry filed under: keluarga, sosial budaya. Tags: , , .

Karena Ponsel Proposal Hidup

Leave a comment

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


June 2014
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30